FORMAT PENULISAN PRAKERIN
PESERTA DIDIK KELAS XI
TAHUN 2011
- 1. JENIS HURUF : ARIAL
- 2. UKURAN HURUF : 12
- 3. MARGIN
- A. TOP : 3 Cm
- B. BOTTOM : 3 Cm
- C. LEFT : 4 Cm
- D. RIGHT : 3 Cm
3 Cm
4 Cm 3 Cm
3 Cm
- 4. MINIMAL MEMUAT HALAMAN : 15 HALAMAN
- 5. KETIKAN : 1,5 SPASI
- 6. KERANGKA FORM PELAPORAN :
- A. COVER DEPAN (ISI) :
LAPORAN KEGIATAN
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI PT. X
FOTO SAAT SISWA BUAT PRAKERIN
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA
SMK NEGERI 36 JAKARTA
TAHUN 2011
- B. KATA PENGANTAR
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri di “PT X” ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa suatu kendala.
Maksud dan tujuan penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri ini adalah untuk : transfer nilai kompetensi, kenaikan kelas dan mengikuti Ujian Sekolah dan Nasional di SMK Negeri 36 Jakarta Utara. Penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri ini berdasarkan data-data yang diperoleh selama melakukan Praktek Kerja Industri di PT X. Penulis menyadari dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, karena itu penulis sampaikan ucapan terima kasih kepada :
- 1. Bapak Drs. Dedi Dwitagama, MM, M.Si selaku Kepala SMK Negeri 36 Jakarta
- 2. Bapak Drs. Hadir Sembiring selaku Wakabid. Humas Prakerin SMK Negeri 36 Jakarta Utara
- 3. Bapak X selaku Kepala Kompetensi Keahlian X
- 4. Bapak Edi Rachmat, SPd selaku Koordinator Prakerin
- 5. Semua staff dan karyawan PT X yang telah membantu dalam proses Prakerin.
- 6. Bapak Wali Kelas Kompetensi Keahlian X yakni X
- 7. Bapak dan Ibu Guru serta Karyawan Tata Usaha SMK Negeri 36 Jakarta.
- 8. Semua pihak yang turut membantu dalam pelaksanan Prakerin yang tidak dapat penyusun sebutkan satu persatu.
Saya menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan Laporan Praktek Kerja Industri ini. Demikian, semoga laporan ini bermanfaat.
Jakarta,11 Juli 2011
Nama Peserta Didik
- C. LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR PENGESAHAN
Setelah memperhatikan dan mempertimbangkan Penulisan Laporan Prakerin di PT. Kawasaki Motor Indonesia. Dengan ini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 36 Jakarta Kompetensi Keahlian X dapat mensyahkan
Ditetapkan, di Jakarta
Tanggal 11 April 2011
Menyetujui,
Orang Tua Peserta Didik
( Anjasmara) ( Primus )
NIS. 6962
Mengetahui,
Ketua Kompetensi Keahlian X Wakabid Humas Prakerin
SMK Negeri 36 Jakarta
(………………..) Drs. Hadir Sembiring
NIP NIP 195812251986031008
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- 1. Tujuan Pendidikan Nasional
Pendidikan merupakan pilar tegaknya bangsa; Melalui pendidikanlah bangsa akan tegak mampu menjaga martabat. Dalam UU 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, disebutkan “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab .
- 2. Tujuan Pendidikan SMK
Pendidikan kejuruan memiliki karakteristik yang berbeda dengan satuan pendidikan lainnya. Perbedaan tersebut dapat dikaji dari tujuan pendidikan, substansi pelajaran, tuntutan pendidikan dan lulusannya. Pendidikan kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan peserta didik untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan program kejuruannya.
Dari tujuan pendidikan kejuruan tersebut mengandung makna bahwa pendidikan kejuruan di samping menyiapkan tenaga kerja yang profesional juga mempersiapkan peserta didik untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan program kejuruan atau bidang keahlian.
2.1. Visi Pendidikan SMKN 36 Jakarta
Menjadikan SMKN 36 Jakarta sebagai lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang Profesional dan Mandiri dalam mewujudkan lulusan yang kompeten, berdedikasi, peduli dan berakhlak mulia.
2.2. Misi Pendidikan SMKN 36 Jakarta
a) Menerapkan, Keterbukaan, Kemitraan dan pelayanan prima.
b) Mengembangkankeunggulan Keterampilan dan Ketelitian dengan mengutamakan Kedisiplinan dan Kejujuran yang dilandasi oleh jiwa dan semangat Keimanan, Kreativitas, Kekeluargaan dan Kepedulian terhadap sesama dan lingkungan.
c) Membangun dan membina jaringan kerjasama dengan dunia usaha dan industri serta masyarakat luas dalam mengembangkan standar lulusan.
d) Mewujudkan SMKN 36 Jakarta menjadi Regional Center Teknik Kelautan.
- 3. Tujuan Kompetensi Keahlian X
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- 4. Tujuan Prakerin
Penyelenggaraan pendidikan dengan Praktek Kerja Industri pada SMK bertujuan untuk:
- Siswa dapat menambah wawasan dengan cara turun belajar langsung di dunia industri dengan cara Praktek Kerja Industri.
- Siswa dapat mengetahui cara kerja di dunia industri yang mementingkan disiplin, keselamatan kerja dan kualitas produk.
- Untuk melengkapi salah satu kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan
- Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.
- Memperkokoh kerjasama antara SMK dan dunia kerja.
- Meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas.
BAB II
SASARAN KEGIATAN
- 1. PESERTA PRAKERIN
- 2. TEMPAT PRAKERIN
BAB III
PELAKSANAAN PRAKERIN
- 1. JADWAL KEGIATAN PRAKERIN
- 2. URAIAN KEGIATAN PELAKSANAAN PRAKERIN DI PERUSAHAAN
- 3. KENDALA DAN SOLUSI PELAKSANAAN PRAKERIN
BAB IV
PENUTUP
- 1. KESIMPULAN
- 2. SARAN
LAMPIRAN-LAMPIRAN
- A. FOTO COPY SERTIFIKAT ATAU SURAT KETERANGAN TELAH SELESAI PRAKERIN
- B. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKERIN DI PT. X
- C. DAFTAR HADIR PELAKSANAAN PRAKERIN DI PT. X
- D. DATA KOMPETENSI PELAKSANAAN PRAKERIN DI PT. X
- E. REKAP NILAI PRAKERIN DI PT. X
- F. JURNAL KEGIATAN PRAKERIN DI PT. X
- G. FOTO-FOTO AKTIVITAS KEGIATAN PRAKERIN DI PT. X
- 7. JUMLAH HALAMAN LAPORAN : 15 HAL
- 8. LAPORAN DI KUMPULKAN HARI/TANGGAL KE :
- 1. WAKABID. HUMAS
- 2. KAPROGLI.
- 3. PA
- 9. DALAM BENTUK CD SOFT DAN HARD COPY PRINT
- 10. LAPORAN DIKUMPUL TANGGAL 29 JULI 2011
KESIMPULAN :
- D. DAFTAR ISI :
COVER
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
MAKSUD DAN TUJUAN
- 1. TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL
- 2. TUJUAN PENDIDIKAN SMK
- 3. TUJUAN KOMPETENSI KEAHLIAN X
- 4. TUJUAN PRAKERIN
BAB II
SASARAN KEGIATAN
- 3. PESERTA PRAKERIN
- 4. TEMPAT PRAKERIN
BAB III
PELAKSANAAN PRAKERIN
- 4. JADWAL KEGIATAN PRAKERIN
- 5. URAIAN KEGIATAN PELAKSANAAN PRAKERIN DI PERUSAHAAN
- 6. KENDALA DAN SOLUSI PELAKSANAAN PRAKERIN
BAB IV
PENUTUP
- 3. KESIMPULAN
- 4. SARAN
LAMPIRAN-LAMPIRAN
- H. FOTO COPY SERTIFIKAT ATAU SURAT KETERANGAN TELAH SELESAI PRAKERIN
- I. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKERIN DI PT. X
- J. DAFTAR HADIR PELAKSANAAN PRAKERIN DI PT. X
- K. DATA KOMPETENSI PELAKSANAAN PRAKERIN DI PT. X
- L. REKAP NILAI PRAKERIN DI PT. X
- M. JURNAL KEGIATAN PRAKERIN DI PT. X
- N. FOTO-FOTO AKTIVITAS KEGIATAN PRAKERIN DI PT. X
11. JUMLAH HALAMAN LAPORAN : 15 HAL
12. LAPORAN DI KUMPULKAN HARI/TANGGAL KE :
- 4. WAKABID. HUMAS
- 5. KAPROGLI.
- 6. PA
13. DALAM BENTUK CD SOFT DAN HARD COPY PRINT.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Thanks For Leave A Coment